Jumat, 30 Agustus 2013

Manfaat Propolis Bagi Tubuh Manusia

Nah setelah kita tau berbagai macam kandungan Propolis di postingan saya sebelum nya Propolis dan kandungannya kali ini saya akan membahas manfaat yang di berikan propolis kepada manusia,
oke langsung aja kita kupas lebih dalam.


BEKERJA SEBAGAI PENISILIN ALAMI

Dapatkah propolis dianggap sebagai penisilin alami? Untuk memahami bagaimana propolis dapat bekerja sebagai antibiotik alami, coba pahami hal berikut: jika seekor tikus masuk ke dalam sarang lebah dan disengat hingga mati, ia akan berada di dalam sarang seterusnya karena lebah tidak dapat membuang bangkai tersebut. Untuk . menghindari busuk lebah lebah melapisinya dengan propolis dan lapisan lilin. Dengan cara ini bangkai tikus tidak akan membusuk sekurang kurangnya selama 5 tahun.

Prinsip ini sedang dikaji oleh para ilmuwan sebagai cara untuk melawan infeksi bakteri dan virus. Dengan cara ini manusia berharap akan mampu mengisolir virus yang mengancam manusia dan kemudian dimusnahkan, Tidak seperti penisilin dan obat-obatan lain buatan manusia, propolis senantiasa bekerja karena bakteri dan virus tidak dapat menjadi resisten terhadap propolis.

PENYEMBUH SEJAK MASA LAMPAU

Propolis telah digunakan untuk merawat luka serta penyakit-penyakit akut, sejak ratusan tahun yang lalu. Hippocrates (460-377 SM-Bapak ilmu kedokteran). Menyarankan penggunaan propolis untuk menyembuhkan bengkak dan tukak,

Lebah-lebah yang menghasilkan propolis digambarkan pada cangkir dan piala mesir zaman dahulu kala, Gambaran lebah ini biasanya digunakan sebagai motif busana para raja, Orang Mesir abad lampau menggunakan propolis sebagai obat untuk berbagai penyakit. Menurut legenda, Jupiter dewa dalam mitologi Romawi, merubah Melissa menjadi lebah supaya dapat menghasilkan propolis untuk pengobatan,

PENGAKUAN ORANG ROMAWI.

Pliny, cendikiawan romawi (23-79) dalam buku Natural History menyatakan banyak manfaat propolis bagi kesehatan. Pliny Menyatakan “para tenaga kesehatan masa kini menggunakan propolis sebagai obat karena ia mengeluarkan sengat serta segala macam racun yang tertanam dalam daging, mengurangi bengkak, melembutkan kapalan, melegakan nyeri pada otot dan menyembuhkan kudis yang sangat sukar untuk diobati”

PENEMUAN ORANG EROPA.

John Gerard dalam buku herbalnya yang terkenal The History of Plants (1597), merujuk propolis sebagai “damar atau bahan lengket dari kuncup daun poplar hitam” yang memberikan efek penyembuhan cepat dan berkhasiat untuk berbagai masalah, Apothecaries (bapak ilmu Farmasi) pada zamannya menggunakan propolis sebagai bahan utama dalam pengobatan mereka.

MENGURANGI PEMBENGKAKAN

Dalam bukunya yang terkenal Complete Herbal di bawah judul “The Poplar Tree” Nicholas Culpeper menyatakan “Pengobatan yang di beri nama propolis sangat baik untuk luka dan semua demam serta bengkak diseluruh bagian tubuh”. Dalam buku Universal Herbal (1824), di bawah judul Populus nigra (sari Poplar Hitam), Green menyatakan: pucuk muda tumbuhan ini sangat bermanfaat untuk dijadikan obat bengkak yang parah dan menyakitkan, Kuncup pohon ini serta pohon poplar putih mengeluarkan aroma yang menyegarkan dalam musim bunga, Apabila diperas akan mengeluarkan bahan seperti resin yang lengket dan berbau sedap”. “masukan sedikit campuran ini dalam rebusan untuk masalah luka dalam dan masalah kulit dapat dikatakan untuk menghilangkan masalah usus”.

DUA PENELITI TENTANG PROPOLIS

Biasanya terdapat beberapa orang di belakang suatu hal besar. Dua peneliti ini adalah pelopor penggunaan propolis dalam masyarakat.

K. Lund AaGaard dari Denmark, Seorang Naturalis yang terkenal diseluruh Eropa, mendapat Julukan “Mr. Propolis” karena telah bekerja selama lebih dari 20 tahun meneliti diseluruh dunia untuk mendapatkan propolis terbaik. Remy Chauvin, M.D. Dari Sorbonne Paris, setelah mendengar tentang apa yang dilakukan Dr. Aagaard kemudian merasa tertarik dan bersama sama berusaha menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai manfaat propolis.

Dr. Aagaard menemukan cara memproses propolis untuk memastikan kandungan propolis terhindar dari bahan-bahan asing. Dengan cara itulah para pengguna propolis dijamin memperoleh propolis yang bersih, segar dengan kualitas terjamin.

Dr. Remi Chauvin menghabiskan banyak waktunya untuk membuat kajian tentang bahan ini. Beliau telah memaparkan penemuannya. Lebah lebah mengeluarkan dari tubuhnya bahan yang menyebabkan ia kebal terhadap setiap infeksi. Hal ini penting karena dalam sarang lebah terdapat lebih dari 50,000 ekor lebah. Dengan ini mereka harus senantiasa dalam keadaan sehat supaya penyakit tidak menyerang dan memusnahkan seluruh koloni lebah.

“Fakta menakjubkan ialah propolis memberikan khasiat 100% terhadap bakteri. Tidak ada antibiotik yang memiliki khasiat yang sama. Saya mengerti tentang kuasa “bee polle” dan memahami potensinya bagi manusia.

Dengan usaha tak kenal lelah dari 2 peneliti ini, propolis kin mendapat tempat di seluruh dunia.

Penghargaan harus diberikan kepada Dr. Aagaard atau “Mr. Propolis” yang menemukan cara memurnikan propolis tanpa kehilangan kandungan dan kualitasnya.

Dr. Chauvin percaya bahwa bahan alami dapat menyembuhkan semua penyakit. “kita cuma perlu berusaha menemukannya, Dengan penemuan propolis, suatu hari nanti kita akan bisa menghilangkan obat-obat berbahaya dan bahan kimia beserta efek sampingnya. Propolis bertindak dengan meningkatkan sistem ketahanan tubuh untuk melawan berbagai infeksi”,

SUPLEMEN AJAIB UNTUK KESEHATAN MENYELURUH

clip_image012Penelitian jangka panjang yang dilakukan oleh para ilmuwan dan ahli gizi di seluruh dunia telah membuahkan penemuan yang menakjubkan berkaitan dengan bahan alami yang menjanjikan harapan sebagai “obat mujarab”.

Dikenali sebagai propolis, dihasilkan oleh lebah untuk memberikan perlindungan terhadap bakteri dan virus. Pada berbagai penelitian yang dilakukan dalam laboratorium serta rumah sakit- rumah sakit seluruh dunia, propolis telah terbukti sebagai obat yang unggul, Propolis menyediakan daya tahan terhadap penyakit yang mengancam kesehatan. Membantu dalam merawat tukak, artitis, selesma, penyakit musim dingin, penyakit saluran pernafasan, entritis dan penyakit akibat radiasi. Penemuan awal ini baru mengungkapkan sebagian kecil dari potensi sebenarnya dari propolis. Propolis adalah salah satu suplemen yang sangat berkhasiat dan bermanfaat yang dapat menolong kesehatan.

PROPOLIS DAN MANFAATNYA BAGI KITA

Kita telah mengetahui bahwa propolis didapat dari resin yang dikumpulkan lebah dari kuncup, daun serta ranting muda pohon tertentu. Propolis didapatkan dari zat cair yang dikeluarkan oleh pohon tertentu untuk melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Apa sebenarnya kandungan propolis yang menjadikannya sebagai obat yang amat berkhasiat ?

Seorang peneliti DR. K. Lund Aagaard, pakar propolis menyatakan: Propolis adalah salah satu bahan paling efisien yang dihasilkan lebah jika dilihat dari sudut pandang bahan aktif utama yang didapat dari tumbuhan untuk manusia. Bahan utamanya ialah bahan-bahan yang dikumpulkan dari kuncup pepohonan poplar, Lebah mencampur damar mentah yang diambil dari pepohonan dengan lilin dan zat cair dari perutnya untuk menghasilkan propolis. Hingga kini telah ditemukan 19 bahan aktif dalam propolis. Antara lain ialah : flavonoids, bitulene dan betulenol, isovanilin, resin, asam cafeic dan ferulic. “harus diingat bahwa bahan utama yang dikumpulkan oleh lebah menghasilkan propolis yang berbeda-beda” “walau begitu, bahan utama dalam propolis adalah sama, hanya jumlahnya yang berbeda”.

Propolis mengandung 55% resin dan balsem, 30% lilin, 10% minyak aromatik dan 5% bee pollen. Bahan-bahan ini mempunyai kemampuan menghancurkan bakteri sangat baik. Tidak menyebabkan efek samping. Tidak seperti penisilin yang menyebabkan efek samping tertentu. Ini telah dibuktikan dalam pengujian yang di lakukan dalam 16 keadaan yang berbeda, (propolis biasanya berwarna coklat atau hijau kecoklatan. Mengeluarkan bau yang enak campuran bau kuncup poplar, madu, dan vanilla).

BIOFLAVONOID

Sebagai obat alami, khasiat propolis tergantung pada bahan utamanya yaitu bioflavonoids. Suatu zat berkhasiat yang memperkuat kerja vitamin C. Bioflavonoid diketahui memulihkan sistem kapiler, memperbaiki saluran darah yang rapuh dan bocor, bekerja sebagai bahan pengembang dan perangsang kencing dan sangat penting untuk melawan penyakit. Dikalangan pengobatan modern, bioflavonoid diberi nama vitamin P.

KEGUNAAN BIOFLAVONOID

Praktisi pengobatan herbal, Paavo Airola mengatakan dalam tiga puluh tahun belakangan ini, banyak proyek penelitian serta kajian klinis telah dilakukan tentang efek penyembuhan dari bioflavonoids. Lebih dari 500 penelitian tentang bioflavonoids telah diterbitkan dalam jurnal kesehatan terkenal di seluruh dunia. Laporan klinis menunjukan bahwa terapi menggunakan bioflavonoids sangat berkhasiat dalam banyak keadaan seperti demam, reumatik, keguguran, hipertensi, gangguan sistem pernafasan, wasir, sirosis hati dll. Zat berkhasiat yang amat penting ini terdapat hanya dalam propolis. Para praktisi pengobatan di Eropa sering mendiskusikan tentang khasiat propolis (terutama karena kandungan bioflavonoids) sebagai pembasmi virus. Dalam suatu simposium Bent Havsteen, M.D. (sebelumnya dari Cornell university, kini di Jiel University, Jerman), memaparkan : Bioflavonoids dalam propolis memiliki khasiat perlindungan terhadap infeksi virus. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut : dalam tubuh virus biasanya terbungkus protein, selagi selubung ini tidak pecah, virus tetap tak aktif dan tidak berbahaya. Kami mendapati enzim yang biasanya merusak selubung protein ini dapat dikalahkan, sehingga virus tetap terkunci dalam selubung protein, Selubung protein tetap utuh dengan bantuan flavonoids dalam propolis. Flavonoids dalam propolis membuat virus menjadi tidak aktif, Keadaan membuat kita imunitas terhadap virus. Hanya bioflavonoids dalam propolis yang memberikan keadaan demikian, Dr Bent Havsteen menyatakan bahwa propolis memiliki efek penyembuhan karena adanya bioflavonoids,

Sudah tau kan sobat manfaat dari propolis?

Author : oni septian // 00.50
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda demi kemajuan blog saya